Marcio Lebaran di Brasil, Jajang Cukup di Bandung


HeadlineMantan penyerang Persib Bandung asal Brasil, Marcio Souza Da Silva, tetap menikmati kebahagiaan saat merayakan Idul Fitri di kampung halamannya. 

Suasana Lebaran di Brasil tidak terlalu terasa jika dibandingkan dengan Indonesia, yang punya penduduk mayoritas beragama muslim. Apalagi, tak ada satupun keluarganya yang memeluk agama Islam.


Meski demikian, pemain yang menjadi mualaf sejak pindah ke Indonesia itu bisa menikmati sedikit nuansa Lebaran di Brasil, karena sanak keluarganya berkumpul di rumah.

"Kalau di Brasil (Idul Fitri) tidak seramai seperti di Indonesia. Tapi saudara-saudara saya saat ini sedang berkumpul, jadi seperti merasa di Indonesia saja meski dalam keluarga saya, hanya saya yang muslim," kata Souza saat dihubungi INILAH.COM via telepon selulernya, Minggu (19/8/2012).

Kontrak Marcio Souza tidak diperpanjang oleh Persib Bandung karena karakter temperamennya di lapangan dinilai merugikan tim oleh pelatih Jajang Nurjaman.

Berbeda dengan Marcio, penggawa ‘Maung Bandung’ lainnya, Hendra Ridwan, sedang menikmati tradisi lebaran di Indonesia.

Seperti kebanyakan orang, Hendra memilih mudik di hari raya ini. Kota tujuannya adalah Makassar, berkumpul dengan keluarga dan kerabat.

"Seperti orang-orang, Idul Fitri menjadi ajang untuk saling bermaaf-maafan. Bisa kumpul bareng sama keluarga, kerabat dan teman-teman," kata Hendra.

Sementara itu, sebagai pria asli Bandung, Jajang tak perlu repot-repot mudik seperti rekan-rekannya sebab orang tua dan saudara masih tinggal di Kota Kembang.

“Setiap tahun saya selalu berlebaran di Bandung. Acaranya juga simpel, bersama keluarga kecil saja,” kata Jajang.

"Paling ke Ciwidey (salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung), berkunjung ke rumah kakak Mamah, bersilatuhrahim ke sana. Biasanya sehabis Salat Ied, sungkeman kepada orang tua dan langsung ke Ciwidey," ucapnya.

Pemilik nomor punggung 18 itu menuturkan, meski merayakan Idul Fitri dilakukan hanya dengan keluarga kecil, namun keceriaan dan kebahagiaan selalu hadir di saat hari kemenangan ini tiba.

0 komentar:

Posting Komentar